Selasa, 28 Februari 2012

Teknologi Tepat Guna di Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara saat ini memiliki teknik tersendiri dalam mempromosikan wisata di daerahnya. Lain daripada yang lain yakni Wisata Teknologi. Kali ini Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengagendakan kegiatan wisata  teknologi bagi peserta pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) sebagai ajang promosi.
Terdapat dua produk teknologi akan dikunjungi peserta. Dua produk teknologi itu adalah penggunaan biogas di Kecamatan Landono dan kerajinan khas daerah berupa kain tenun serta kerajinan perak.
"Penggunaan biogas untuk kebutuhan rumah tangga dianggap penting untuk diperkenalkan kepada peserta TTG karena efektif sebagai bahan bakar alternatif disaat terus meningkatnya harga bahan bakar minyak dan elpiji," kata Askabul.
Rumah tangga pengguna biogas tidak kesulitan bahan baku karena memanfaatkan kotoran binatang sehingga makin diminati warga setempat. Sedangkan kerajinan khas daerah berupa kain tenun dan kerajinan perak selalu mencari buruan tamu yang berkunjung di daerah ini.
Melalui ajang tersebut, kata Askabul, tidak tertutup kemungkinan ada pelaku bisnis yang berminat menanamkan modalnya dalam pengembangan produksi kain tenun atau pun kerajinan perak.
"Dari segi bisnis potensi kain tenun maupun kerajinan unggulan lainnya cukup menjanjikan namun masih terkendala pemasaran. Kita berharap ada pengusaha yang memesan dalam jumlah banyak dan berkelanjutan sehingga menggairahkan produsen setempat," katanya.
Rencananya, pameran TTG tersebut akan diresmikan Presiden RI pada 12 Oktober 2011. Pameran tersebut diperkirakan akan dihadiri sekitar 3.000 utusan provinsi se-Indonesia serta 13 kementerian terkait.
Gelar teknologi tepat guna yang dirangkaikan dengan Sail Wakatobi-Belitung 2012 itu dijadwalkan berlangsung di Kendari pada 12-16 Oktober 2012.

Sumber:
http://sains.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran & Kritik yg Membangun... OK!

Shalat Dhuha Terlengkap

Kali ini kita akan membahas tentang Doa Sholat Dhuha. Eh tidak hanya tentang doa sholat dhuha saja, saya juga di sini akan membahas tuntas s...