Jumat, 17 April 2020

Shalat Dhuha Terlengkap

Kali ini kita akan membahas tentang Doa Sholat Dhuha. Eh tidak hanya tentang doa sholat dhuha saja, saya juga di sini akan membahas tuntas segala sesuatu yang berkaitan dengan sholat dhuha, sholat sunnah, shalat dhuha, surat pendek yang di baca dalam sholat, filosofi sholat, surat adh dhuha, niat shalat, dan sebagainya.
Sebelum itu kamu sudah tahu belum manfaat dan keutamaan sholat dhuha ? kalau belum baca artikel ini ya sampai selesai, biar kita menjadi lebih semangat lagi dalam melaksanakannya.
Sholat dhuha merupakan sunah yang disyariatkan oleh Rasulullah Saw.
Selain nantinya saya akan menunjukkan doa Sholat Dhuha secara lengkap, saya di sini juga akan menjelaskan secara tuntas segala hal yang berkaitan tentang sholat dhuha.

Doa Sholat Dhuha Lengkap

Kalau masing bingung membacanya berikut bacaan latinnya
Doa sholat dhuha lengkap latin
ALLAHUMMA INNADHDHUHA-A DHUHA-UKA, WALBAHAA-ABAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWAATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ‘ISHMATA ISHMATUKA.
ALLAHUMA INKAANA RIZQII FISSAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU, WAINKAANA HAROOMAN FA THOHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QORIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHOOLIHIiN.
Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah dhuhamu, keagungan itu merupakan keagunganmu, keindahan itu merupakan keindahanmu, kekuatan itu adalah kekuatanmu, kekuasaan itu adalah kekuasaanmu”, dan penjagaan-penjagaan adalah penjagaanmu.
“Ya Allah, jika rezeki aku masih di langit maka turunkanlah, jika ada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, apabila itu haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah”
"Demi kebenaran dhuhamu, keagunganmu, keindahanmu, kekuatanmu dan kekuasaanmu, berikanlah kepadaku sebagaimana apa yang engkau berikan kepada hambamu yang sholeh".

Niat Sholat Dhuha

latin: ” Ushollii sunnaatadluhaa rak’ataini mustaqbil alqiblati adaa-a llillaahi ta’aala.”
Artinya:
"Saya berniat sholat dhuha 2 rakaat menghadap kiblat karena allah ta’ala”.
Kalau mau 4 rakaat sekaligus bisa mengubah bacaan niat 2 rakaat menjadi 4 rakaat dengan menyebut ‘arbaa’ata rok’ataini.
Setelah kita mengetahui doa sholat dhuha beserta niat yang sudah dijelaskan di atas saatnya kita membahas tuntas tentang tata cara sholat dhuha yang baik dan benar sesuai hadist.

Tata Cara Sholat Dhuha

Sholat dhuha sendiri menurut beberapa ulama harus dikerjakan minimal 2 rakaat dan paling maksimal 4 rakaat.
Sholat dhuha bisa kita lakukan secara berjama’ah atau juga bisa dilakukan secara sendirian. Untuk melakukan sholat dhuha hal pertama kali yang kita harus adalah kondisi yang suci, kemudian kita baru bisa menunaikan sholat dhuha.

Berikut tata cara sholat dhuha.

Niat Sholat Dhuha dan Rukunnya
Niat sholat dhuha bisa kita ucapkan secara lisan atau diam dalam hati. Cara diucapkan adalah berdasarkan madzhab imam syafi’i, hal tersebut  bergantung madzhab apa yang anda ikuti, ada yang dibaca dan ada yang sekedar niat. Dalam pelaksanaannya dilakukan berbarengan dengan takbiratul ikhrom.
Bacaan niat sudah tertera sebelumnya di bab atas. Kemudian setelah melakukan takbiratul ihrom, kita membaca doa ifititah di sambung dengan surat al Fatihah. Untuk pembacaan surat sehabis surat al Fatihah bisa sembarang, terserah mau menggunakan surat apa (untuk surat yang afdhal dibaca, kita akan bahas setelah ini).
Bagi yang sudah tahu dari sini bisa di skip ke subbab selanjutnya (bacaan sholat dhuha), ini hanya penjelasan tambahan tentang rukun sholat dhuha.
Setelah membaca surat, kita melakukan ruku’ dan membaca tasbih tiga kali. Lalu bangkit dari ruku’ dilanjutkan dengan gerakan i’tidal dan membaca bacaan i’tidal.
Sujud pertama lalu membaca tasbih tiga kali, 
 dengan duduk diantara dua sujud kemudian membaca tasbih tiga kali. Dilanjutkan kembali dengan sujud yang kedua dengan bacaan yang sama yaitu tasbih sebanyak tiga kali.
Ketika rakaat pertama selesai, digenapkan dengan rakaat ke-2 sampai kita melakukan tasyhhadud akhir dan melakukan salam.
Kalau ingin jelasnya lagi, berikut video tentang tata cara sholat dhuha
Bacaan Sholat Dhuha
Kalau menurut beberapa referensi beberapa buku, mengatakan bahwa lebih afdholnya ketika sholat dhuha adalah saat di rakaat pertama kita baca surat Asy-Syam dan untuk rakaat ke-dua surat Al -lail.
Kalau pendapat dari Ibnu hajar al-Atsqolani, beliau menyarankan untuk raka’at pertama membaca surat al-Kafirun dan pada raka’at kedua membaca surat al-Ikhlas
Tidak ada salahnya kita membaca surat Adh-Dhuha juga karena di dalam surat tersebut terdapat nilai-nilai penting yang bisa kita pahami, hayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebenarnya sih masalah tentang surat untuk bacaan sholat dhuha tidak ada keterangan resmi yang berasal dari Rasulullah mengenai surat apa yang harus dibaca. Silahkan membaca surat alqur’an apa saja sesuai keinginan kita, tetapi sebaiknya sih kita membaca surat yang sesuai dengan kebutuhan kita pada saat itu.

Waktu Sholat Dhuha


Sholat dhuha merupakan shalat di pagi hari selepas sholat shubuh, jadi waktunya adalah setelah terlihat matahari terbit dari timur sampai memasuki waktu zhuhur.
Dari sini kita ketahui bahwasanya waktu sholat dhuha dibagi menjadi 2 yaitu:
Pertama, awal waktu dhuha yaitu setelah matahari terbit dan meninggi hingga setinggi tombak yaitu kira-kira 15 menit setelah matahari terbit.
Kedua akhir waktu, yaitu dekat dengan waktu syawal saat matahari akan tergelincir ke barat.
Kira-kira waktu atau jam yang diperbolehkan dimulainya sholat dhuha adalah jam 06.00 pagi, beberapa ulama menetapkan jam 08.00 (terserah anda memilih yang mana, sama-sama afdhol kedua penetapan itu). sampai batas waktu paling terakhir untuk melaksanakan sholat dhuha adalah jam 11.00 atau waktu mendekati zhuhur.
Sumber lain yaitu berdasarkan fatwa dari Saudi Arabia (Al Lajnah Ad Da-imah) mengatakan bahwa waktu yang bisa kita memulai untuk sholat dhuha adalah sekitar 15 menit setelah matahari terbit.

Dzikir Setelah Sholat Dhuha


Wah kayaknya ini khusus yah buat mereka yang punya banyak waktu luang di pagi harinya. Biasanya sih di antara kita jarang yang melakukan dzikir setelah sholat dhuha kecuali sangat luang sekali, karena pada umumnya di Indonesia, aktifitas produktif baik dalam dunia kerja maupun pendidikan biasanya dimulai pada jam 08.30.
Ada beberapa ulama yang menyarankan untuk membaca surat al ma’tsurat, membaca 99 asmaul husna, dan ada yang menyarankan membaca surat pilihan dalam alqur’an seperti Yaasin, Al Waqi’ah, Ar Rohmaan dan al Mulk.
Berikut secara umum dzikir yang bisa kita baca setelah sholat dhuha.
1. Membaca kalimat istighfar. Kita bisa baca sesuai keinginan kita, bisa 3 kali, 11 kali dan 33 kali.
2. Setelah selesai membaca istighfar kita diperkenankan untuk melanjutkannya dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 100 kali.
3. Kemudian kita lanjutkan dengan membaca sholawat ke atas nabi sebanyak 33 kali – 100 kali.

Itu untuk yang umum, bagaimana untuk dzikir setelah sholat dhuha yang khusus.
Yah, ada buku referensi khusus bagi anda yang ingin mendalaminya lebih lagi, yaitu kitab I’aanatuth Thalibiin juz 1 karya Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi. Kita bisa mendapati keterangan doa dan dzikir dalam kitab tersebut pada halaman 255 yang mana beliau dapatkan dan nukil dari kitab Masalikul Qariib.
Berikut doa sholat dhuha dan zikirnya berdasarkan kitab tersebut.

Setelah membaca dzikir diatas kita lanjutkan dengan membaca doa seperti ini
Sebenarnya dzikir itu bisa kita lakukan sebelum atau sesudah sholat dhuha, tergantung kitanya saja sih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran & Kritik yg Membangun... OK!

Shalat Dhuha Terlengkap

Kali ini kita akan membahas tentang Doa Sholat Dhuha. Eh tidak hanya tentang doa sholat dhuha saja, saya juga di sini akan membahas tuntas s...