Senin, 02 September 2013

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL BERORIENTASI PADA INDUSTRI

“Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merupakan hal yang sangat penting bagi BPPT karena kegiatan BPPT adalah dalam bentuk kerekayasaan dan penelitian yang seharusnya berorientasi HKI. Tentunya dengan adanya kegiatan ini sangat membantu para inventor dalam mengusulkan patennya ke Dirjen HKI. Terutama dalam hal pengisian aplikasi dan kemudahan dalam pendaftaran,” ungkap Kepala Biro Umum dan Humas (BUH) BPPT, I Gusti Ketut Astana.
 Lebih lanjut dikatakan Kepala BUH bahwa sudah banyak sekali HKI BPPT yang dilindungi. Akan tetapi sesuai kebijaksanaan dari Kepala BPPT, HKI itu harus bisa berorientasi ke industri. “Artinya tidak hanya menghasilkan HKI atau hanya mendaftarkan ke Ditjen HKI, sehingga menyebabkan biaya tinggi karena pemeliharaannya membutuhkan pembiayaan yang cukup besar. Oleh karena itu mudah-mudahan dalam pertemuan ini kita bisa memahami tentang bagaimana dalam menyusun paten agar bisa laku terjual di Industri,” jelasnya.
Mediasi Teknis Paten untuk membahas teknis penyusunan dokumen dan drafting paten tersebut diadakan oleh Bagian Hukum, BUH dalam rangka meningkatkan kualitas pengetahuan para inventor BPPT. Disertai juga penilaian terhadap substantif paten yang meliputi novelty (kebaruan), clarity (kejelasan), unity of invention (kesatuan invensi), inventive steps (mengandung langkah inventif), dan industrial applicability (dapat diterapkan dalam industri) dan penyelesaian draft dokumen paten untuk dapat didaftarkan pada Ditjen HKI.
Sementara itu dalam laporannya, Kepala Bagian Hukum dan HKI, Ulfiandri menyatakan bahwa mediasi teknis tersebut merupakan kali kedua dilaksanakan. “Harapannya bukan hanya bisa didaftarkan pada Kantor Ditjen HKI, akan tetapi hal yang paling perlu diperhatikan adalah nilai ekonomi dari paten tersebut yang merupakan indikasi dari berapa banyaknya paten kita yang digunakan oleh pihak industri,” katanya.

(BPPT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran & Kritik yg Membangun... OK!

Shalat Dhuha Terlengkap

Kali ini kita akan membahas tentang Doa Sholat Dhuha. Eh tidak hanya tentang doa sholat dhuha saja, saya juga di sini akan membahas tuntas s...